LENTERA CITRA TRIWULAN III/2023

SINOPSIS

e-book : https://drive.google.com/file/d/1nyis_dWt7Lse44EBFQVJeLqX7urVnzyL/view?usp=drive_link

https://drive.google.com/file/d/1kymmB1gvHvFU5-XqVstN_07cRuVQ1NRF/view?usp=drive_link

 

EDITORIAL

 

Pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku dan gaya hidup orang banyak. Para pegawai, baik pemerintah maupun swasta, menjadi biasa bekerja dari rumah, menggunakan komputer atau gadget/HP melalui jaringan internet. Bukan hanya pegawai, ibu-ibu pun tidak mau kalah. Kalau sebelum Covid-19 biasa belanja ke toko, mal, supermarket, atau pasar, sejak pandemi mereka cukup buka Hp untuk berbelanja.

PPBI, meski anggotanya kebanyakan sudah lansia, juga tidak mau ketinggalan. Hampir semua kegiatan seperti RPH, RPL, RPL plus, dan peringatan Ulang Tahun PPBI yang diikuti cabang-cabang seluruh Indonesia dilakukan secara online. Dapenbi dan YKKBI dalam melakukan sosialisasi, acara kesehatan, dan olahraga yang melibatkan para pensiunan dilakukan secara online. Walaupun awalnya ragu dan kurang percaya diri, lama-lama menjadi biasa dan dapat mengikuti kegiatan online tersebut.

Pengalaman tersebut dan ditunjang oleh kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat, maka PPBI dengan percaya diri merancang penyelenggaraan RUA XII PPBI 2023 secara online. Selain dirasa bisa mengurangi beban biaya pelaksanaan, juga hasilnya dapat diperoleh lebih cepat. Ketika hal itu dikemukakan kepada Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, disambut dengan baik dan disarankan  agar peserta dari Jakarta mengikuti secara offline di Gedung Bank Indonesia Kebon Sirih dan peserta dari Cabang-Cabang PPBI di luar Jakarta mengikuti secara online dari KPwBI setempat.  Selain peserta  RUA, di KPwBI juga akan diundang pensiunan lainnya untuk bersama peserta mengikuti RUA XII. Perkiraan secara kasar RUA XII PPBI 2023 saat acara seremonial akan diikuti sekiat 500 orang. Jumlah ini merupakan rekor sepanjang 12 kali RUA sejak berdirinya PPBI. Dibandingkan dengan jumlah yang hadir pada acara Pembukaan RUA-RUA sebelumnya, jumlah yang ikut serta dalam acara seremonial RUA XII PPBI 2023 lebih dari dua kali lipat.

Tentu kita tidak boleh terpukau pada sekedar jumlah yang ikut serta saja. Kita berharap RUA kali ini juga menghasilkan keputusan-keputusan yang membawa kebaikan dan kesejahteraan pada pensiunan Bank Indonesia.

Salah satu keputusan yang ditunggu-tunggu para anggota PPBI adalah terpilihnya Ketua Umum Pengurus Pusat PPBI periode 2023-2027. Sosok yang diharapkan tentu saja tokoh yang bisa membawa PPBI semakin maju dan berkembang yang dapat menaungi anggota dan meningkatkan kesejahteraan jasmani, rohani, sosial, dan spiritual anggotanya.

Semoga  

 

atas