EDISI TRIWULAN III/2020

SINOPSIS

Dalam editorial Lentera Citra Triwulan II Tahun 2020 antara lain dikemukakan Indonesia sedang melakukan uji klinis tahap ketiga calon vaksin Covid 19 yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech dari China. Menurut berita, uji klinis sudah dilakukan oleh Bio Farma Indonesia dan Fakultas Kedokteran Universitas Pajajaran Bandung terhadap 1620 orang sukarelawan. BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) sebagai lembaga pemberi izin dan pengontrol uji klinis tersebut, memperkirakan pada Februari 2021 vaksin dimaksud sudah siap edar. Dalam kerja sama yang ditandatangani bersama, Sinevac Biotech juga akan memberikan teknologi pengembangan vaksin kepada Bio Farma Indonesia. Dengan kerja sama itu diharapkan Indonesia tidak hanya sekedar membeli vaksin atau membuat vaksin atas dasar dari calon vaksin dari negara lain, tetapi juga memproduksi vaksin sendiri.

Selain vaksin, perusahaan-perusahaan farmasi dunia juga mengembangkan terapi medis untuk mengobati penderita Covid-19. Di antara terapi medis yang dikembagkan adalah antibodi monoklonal dan plasma konvaleson . Antibodi monoklonal berfungsi sebagai pencegahan dan pengobatan dalam skala yang luas. Plasma konvaleson dibuat dari plasma darah penderita Covid-19 yang sudah sembuh untuk mengobati pasien Covid-19  yang masih sakit.

Saat ini pandemi Covid-19 secara global belum menunjukkan tanda-tanda mereda, termasuk di Indonesia. Negara-negara yang pernah mengendorkan pengendalian Covid-19, seperti Korea Selatan dan Italia, kini memperketat kembali. Demikian pula China, yang konon mengalami pandemi Covid-19 gelombang kedua.

Guna mengurangi resiko tertular Covid-19, selain dengan menerapkan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, juga harus tetap berusaha sehat dan meningkatkan kebugaran tubuh, sehingga antibodi  kita terjaga baik untuk melawan Covid-19. Upaya-upaya dimaksud antara lain pertama, menjaga lingkungan bersih dan tanpa polusi. Perbanyak ventilasi rumah serta buka pintu dan jendela agar terjadi pertukaran udara dan memperoleh udara yang segar. Kedua, mengonsumsi sayuran dan buah segar yang banyak mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Jangan merokok dan minum alkohol, agar tidak memperburuk kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh    Ketiga, istirahat  yang cukup setiap harinya agar sistem kekebalan tubuh terjaga tetap baik. Keempat, berolahraga dan atau aktivitas fisik secara teratur dan cukup sesuai dengan kemampuan. Hal ini untuk memperlancar aliran darah.

Setelah hal-hal tersebut dilakukan, masih ada lagi 3 R yang perlu dihindari untuk mencegah penularan  Covid-19, yaitu ruangan yang sempit, rumpi  yang tidak perlu, dan ramai-ramai dalam kerumunan.

 

atas